Ganjar Pranowo Mendorong Pejabat Pemerintah Menggunakan Media Sosal Untuk Menanggapi Keluhan Masyarakat



Calon Presiden (Capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo, mengusulkan agar pejabat pemerintah di Indonesia memiliki akun media sosial sebagai salah satu cara untuk merespons dengan cepat keluhan masyarakat.

Pernyataan ini disampaikan oleh Ganjar dalam Debat Capres pada Minggu, 4 Februari 2024.

“Gunakan teknologi informasi, gunakan medsos,” ujar Ganjar, menekankan pentingnya memanfaatkan teknologi informasi, terutama media sosial, sebagai sarana untuk berinteraksi dengan masyarakat dan menanggapi keluhan dengan efisien.

Ganjar Pranowo menggambarkan pengalamannya saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, di mana ia mendorong seluruh Kepala Dinas untuk memiliki akun media sosial. Menurutnya, hal ini menjadi saluran efektif bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan dengan cepat.

“Di situlah orang sebenarnya bisa menyampaikan secara cepat,” tambahnya, merujuk pada pengalaman positif di Jawa Tengah ketika keluhan masyarakat dapat direspons secara efisien melalui sistem dasbor.

Ganjar Pranowo menekankan bahwa menggunakan berbagai pintu komunikasi untuk melaporkan masalah merupakan bagian dari pendekatan yang efektif dalam menangani berbagai persoalan. Menurutnya, cara ini memungkinkan pemerintah memahami permasalahan yang dihadapi oleh warga dengan lebih baik.

Meskipun demikian, Ganjar juga menilai bahwa pencegahan masalah jauh lebih baik daripada perbaikan.

Oleh karena itu, ia menyarankan untuk melibatkan legalitas, keterampilan, dan memberdayakan seluruh aparatur pemerintah, termasuk pemangku kepentingan dan aktivis.

“Dengan melibatkan semua pihak, saya kira itu cara yang cukup komprehensif untuk mengatasi persoalan ini,” tegas Ganjar Pranowo, menunjukkan pandangannya terhadap solusi holistik dalam menangani isu-isu yang dihadapi oleh masyarakat.

0 Response to "Ganjar Pranowo Mendorong Pejabat Pemerintah Menggunakan Media Sosal Untuk Menanggapi Keluhan Masyarakat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel