Ganjar Pranowo Menekankan Pentingnya Gizi yang Cukup Bagi Ibu Hamil Demi Indonesia Lebih Makmur



Calon Presiden atau capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyatakan bahwa sebuah masyarakat dan negara yang makmur harus dimulai dari kandungan.

Ganjar Pranowo menekankan pentingnya mencegah stunting untuk mewujudkan sumber daya manusia yang siap.

Ganjar juga mengatakan bahwa untuk mewujudkan masyarakat makmur dengan lapangan kerja mudah, Indonesia perlu untuk menyiapkan SDM, menghilangkan praktek KKN, dan mendapatkan investasi.

Hal ini ia katakan saat berkampanye di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Selasa, 6 Februari 2024.

“Di mana memulainya? Kalau debat kemarin Bapak/Ibu melihat, dimulai sejak anak dalam kandungan. Maka apa yang dilakukan? Kesehatan,” kata Ganjar.

Ganjar pun berpesan agar anak-anak muda tidak menikah dini, tetapi menikah saat kondisi fisik dan mental sudah siap.

Ganjar menyebut dibutuhkan pemeriksaan rutin dan asupan gizi yang lancar, terutama untuk ibu hamil.

“Anak-anak muda tolong jangan menikah dini. Oke? Siapkan diri dengan baik mental (dan) fisiknya. Setelah menikah dan hamil, pastikan kandungannya sehat,” kata Ganjar.

“Itulah pentingnya kenapa ibu hamil perlu asupan gizi yang baik agar anaknya nanti tidak stunting. Apa itu? Otaknya tidak berkembang, badannya tumbuh tidak berkembang,” lanjutnya.

Ganjar juga mengatakan, periode paling telat untuk mengatasi stunting pada masyarakat adalah 1000 hari pertama kehidupan anak.

Setelah aspek kesehatan beres, capres nomor urut 3 itu menekankan pentingnya wajib belajar 12 tahun serta berkuliah.

“Maka, Bapak/Ibu, 1.000 kehidupan hari pertama (untuk mengatasi stunting) penting untuk anak kita. Maka, kalau ada yang punya bayi tolong disusui dengan ASI eksklusif,” kata Ganjar.

Saya ditanya, ‘Pak Ganjar setuju enggak dengan makan gratis?’ Untuk apa? Kalau untuk stunting, salah! Telat. Pemahaman ini yang tidak didapat, Bapak/Ibu,” lanjutnya.

Perkataan Ganjar tersebut merujuk pada perdebatannya dengan Prabowo Subianto dalam debat Pilpres 2024 kelima pada Minggu, 4 Februari 2024 yang lalu.

Saat itu, Prabowo bertanya kepada Ganjar apakah ia setuju dengan program makan siang gratis demi mengatasi stunting.

“Saya ingin bertanya, apakah Bapak setuju dengan gagasan saya untuk memberi makan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia untuk mengatasi masalah stunting dan menghilangkan kemiskinan ekstrem dan juga mengurangi angka kematian ibu saat melahirkan?” tanya Prabowo.

“Kalau Bapak ngasih gizi kepada ibu hamil, nah itu baru setuju saya, Pak. Kalau sudah lahir dan tumbuh, mungkin itu bukan stunting, itu gizi buruk. Kalau gizi buruk, Bapak mau memperbaiki boleh,” jawab Ganjar.

0 Response to "Ganjar Pranowo Menekankan Pentingnya Gizi yang Cukup Bagi Ibu Hamil Demi Indonesia Lebih Makmur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel