Ganjar Pranowo Mengingatkan Peristiwa 98 Jangan Terulang Karena Demokrasi Investasi Paling Mahal



Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo mengingatkan peristiwa 1998 pada masa Orde Baru jangan sampai terulang.

Sebab, sistem demokrasi merupakan investasi yang sangat mahal karena harus dicapai melalui rentetan peristiwa.

“Konsistensi ini perlu dikawal karena investasi demokrasi mahal sekali. 98 kota ini terbakar, jangan sampai itu terulang lagi, sekali lagi jangan sampai itu terulang lagi,” ujar Ganjar, Jumat (2/2/2024).

Hal itu dikemukakan Ganjar dalam orasinya di acara ‘Indonesia Berg3ma’ di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan. Acara itu merupakan rangkaian Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud yang bakal digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (3/2/2024).

Ganjar mengatakan, pelaksanaan demokrasi harus berjalan dengan sehat dan penuh konsistensi.

Menurut capres berambut putih itu, pemerintah yang menjadi pimpinan tertinggi negara harus memberikan contoh yang baik dan menjadi teladan bagi seluruh rakyat.

“Ketika kita akan berdemokrasi maka berikan ruang untuk berkontestasi dengan sehat. Setuju ya? Kalau kita mau bicara semuanya mesti konsisten, siapa yang boleh netral dan boleh berpihak. Tidak boleh saling tuker-tukeran begitu,” kata Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menilai, demokrasi Indonesia sedang dalam situasi yang mengkhawatirkan. Dia pun mengapresiasi seluruh perguruan tinggi yang telah menyuarakan keprihatinan terhadap kondisi demokrasi.

Menurutnya, keprihatinan para sivitas akademika itu menjadi peringatan demi penyelenggaraan demokrasi yang lebih sehat di Pemilu 2024.

“Perjalanan demokrasi kita hari ini lagi mendapatkan tantangan. Tapi saya bangga juga karena kampus mulai bangun dari tidurnya. Mulai dari UGM, UII, UI, tadi saya dengar Unpad dan Trisakti sudah siap-siap,” ucap Ganjar.

0 Response to "Ganjar Pranowo Mengingatkan Peristiwa 98 Jangan Terulang Karena Demokrasi Investasi Paling Mahal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel