Ganjar Pranowo Sangat Prihatin Dengan Runtuhnya Kepercayaan Rakyat Kepada MK dan KPU



Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo mengungkapkan, demokrasi sedang dipertaruhkan di negara ini, seiring runtuhnya kepercayaan rakyat akibat pelanggaran yang dilakukan Mahkamah Konstitusi (MK) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kita khawatir dan kita cemas, karena masyarakat sipil, agamawan, ilmuwan sudah keluar. Bahkan, kampus menyampaikan bahwa kondisi pemilu kita sedang tidak baik-baik saja,” kata Ganjar usai berorasi politik pada Hajatan Rakyat Kalimantan Timur di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa (6/2/2024).

Ganjar mengungkapkan, kondisi memprihatinkan ini terlihat dengan baik di masyarakat dengan munculnya hal-hal yang menyimpang.

“Maka, mereka mengingatkan, ini bahaya yang sangat besar kalau kita tidak segera memperbaiki,” tutur Ganjar.

Capres yang berpasangan dengan Cawapres Mahfud MD itu menyoroti pelanggaran etika yang dilakukan MK dan KPU, di mana reaksi masyarakat sipil tidak bisa dianggap main-main dan membutuhkan kerja keras pemerintah untuk memulihkan marwah kedua lembaga itu agar dipercaya.

“Ketika MK kemudian melanggar etika dan hari ini KPU juga melanggar etika, maka apa yang menjadi perhatian masyarakat sipil, kampus, dan agamawan harus diperhatikan para penyelenggara, harus diperhatikan oleh pemerintah agar kita bisa mengembalikan pada track yang benar. Kalau tidak, kepercayaan ini akan runtuh. Dan, kita sedang bertaruh besar pada proses demokrasi yang ada di Indonesia. Hentikan hal-hal yang bisa membikin pemilu tidak adil,” kata Ganjar.

Disebutkan, sampai saat ini aksi masyarakat sipil dan kaum intelektual terus bergerak karena khawatir situasi politik dan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia.

Belakangan ini terus bergulir gerakan intelektual kampus menuntut netralitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan aparatur negara pada Pemilu 2024.

0 Response to "Ganjar Pranowo Sangat Prihatin Dengan Runtuhnya Kepercayaan Rakyat Kepada MK dan KPU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel