Mari Kita Simak Solusi Pendidikan Dari Ganjar Pranowo Tentang KMI



Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo, menyatakan tekadnya untuk mengaktifkan kembali program pinjaman pelajar, Kredit Mahasiswa Indonesia (KMI). Hal tersebut dilontarkan dalam debat terakhir Pilpres 2024, Minggu, 4 Februari 2024.

Ia ingin menghentikan liberalisasi pendidikan dan memperjuangkan agar KMI bisa menjadi solusi bagi mahasiswa, dengan memberikan akses lebih mudah terhadap dukungan keuangan untuk menyelesaikan studi di perguruan tinggi.

Selain itu, Ganjar menjelaskan, KMI bisa menjadi solusi bagi mahasiswa. Karena, pinjaman tersebut dapat dilunasi setelah mereka menyelesaikan studi dan mulai bekerja.

Dikutip dari berbagai sumber, Kredit Mahasiswa Indonesia (KMI) merupakan kredit pendidikan yang disubsidi oleh pemerintah dan dikelola oleh Bank Negara Indonesia (BNI).

Program ini telah menjadi tonggak penting dalam sejarah pendidikan tinggi di Indonesia sejak diperkenalkan pada awal 1982.

KMI memberikan solusi bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan keuangan untuk menyelesaikan pendidikan mereka dengan memberikan akses lebih mudah terhadap pinjaman pendidikan.

Meskipun KMI memberikan banyak keuntungan, seperti batasan waktu pengembalian yang fleksibel, persyaratannya yang mencakup surat keterangan keuangan, surat keterangan sehat, dan surat rekomendasi dari pihak akademis, serta pengelolaannya oleh BNI, namun pada pertengahan 1980-an, program ini telah ditiadakan akibat berbagai faktor, termasuk perubahan kebijakan ekonomi dan pasar kerja.

Munculnya sistem kredit semester juga ikut berperan dalam mengurangi relevansi KMI bagi mahasiswa.

Ganjar Pranowo kini berkomitmen untuk menghidupkan kembali program ini agar memberikan manfaat bagi mahasiswa di masa mendatang.

0 Response to "Mari Kita Simak Solusi Pendidikan Dari Ganjar Pranowo Tentang KMI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel