Panelis Menyebut Jawaban Ganjar Pranowo Terkait Kebudayaan Nyari Sempurna



Panelis Debat Kelima Pilpres 2024 sekaligus Guru Besar Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, Prof Emeritus Paschalis Maria Laksono Ph.D menilai jawaban Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo nyaris sempurna saat merespons tema kebudayaan.

“Kalau yang jawabannya nyaris sempurna atas pertanyaan saya hanya nomor tiga (Ganjar),” ujar Laksono saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Adapun saat debat pada Minggu (4/2) malam, dia menuturkan bahwa budaya akan tumbuh dan berkembang dalam komunitas responsif, yakni setiap individu punya ruang kebebasan berkreasi dan tanggung jawab sosial. Kemudian, undang-undang kemajuan kebudayaan telah terdistorsi oleh urusan birokrat dan komersialisasi budaya.

Lalu, Laksono bertanya, “Apa pandangan dan tanggapan paslon terhadap komersialisasi budaya dan proses destruktif terhadap tumbuhnya kebudayaan yang responsif?”.

Ganjar pun mengatakan bahwa pemerintah cukup memfasilitasi kebutuhan para pelaku seni, sehingga mereka tinggal mengerjakan tugasnya.

Kendati demikian, sambung Laksono, jawaban Ganjar lebih dari sekadar untuk pelaku seni.

Pasalnya, hal tersebut hanya contoh yang mudah dipahami masyarakat Indonesia.

“Kita semua adalah pelaku pemajuan kebudayaan sejauh kita kreatif mengembangkan hidup dan kemanusiaan kita,” jelasnya.

Sebelumnya, Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan bahwa birokrat cukup memfasilitasi kebutuhan pelaku seni sehingga pelaku seni tinggal mengerjakan tugasnya.

“Birokrat itu cukup fasilitasi saja. Para pelaku seni, budayawan, dialah yang mengerjakan. Maka budaya akan tumbuh dan pemerintah akan bisa melihat bagaimana proses kreatif itu berjalan. Apakah itu nyanyi, apakah filmmakers (pembuat film), apakah itu para pencipta, penulis buku. Semuanya,” kata Ganjar dalam debat terakhir Pilpres 2024 yang dilaksanakan di Balai Sidang Jakarta, Minggu malam.

Selain itu, Ganjar mengatakan pelaku seni harus dilindungi oleh pemerintah, dan pemerintah tidak perlu takut dengan mereka.

Ganjar juga mengatakan bahwa pemerintah memerlukan kritik dari pelaku seni sehingga, menurut dia, kebebasan berekspresi oleh pelaku seni tetap diperlukan.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama Pilpres 2024 pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, debat ketiga 7 Januari 2024, dan debat keempat pada 21 Januari 2024, KPU menggelar debat kelima di Balai Sidang Jakarta pada 4 Februari 2024.

Debat pemungkas Pilpres 2024 sekaligus menjadi debat ketiga yang mempertemukan para capres dan KPU menyelenggarakannya dengan tema meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

0 Response to "Panelis Menyebut Jawaban Ganjar Pranowo Terkait Kebudayaan Nyari Sempurna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel