GANJAR PRANOWO ZIARAH KE MAKAM GUSDUR YANG TERLETAK DI TEBUIRENG JOMBANG



Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Prnaowo melakukan kegiatan ziarah ke makam mendiang Presiden RI ke 4 KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur yang terletak di Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang pada Minggu (17/4).

Saat tiba di Pondok Pesantren, Ganjar beserta rombongan langsung disambut oleh Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin.

Ganjar mengadakan perbincangan singkat dengan Gus Kikin dan dilanjutkan dengan ziarah ke makam Gus Dur dan Keluarga besar Pesantren Tebuireng.

Di komplek makam keluarga tersebut, terdapat makam Hadratus Syaikh Hasyim Asy’ari, Kakek dari Gus Dur yang merupakan pendiri Pesantren tebuireng dan Nadhatul Ulama (NU), KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) serta makam dari ayah Gus Dur, KH Wahid Hasyim.

Saat di kompleks makam, Ganjar beserta pengurus ponpes menggelar doa dan tahlil. Setelah melakukan doa dan tajlil, Ganjar menabur bunga disetiap makam yang berada di kompleks makam.

Pada kegiatannya, Ganjar mengungkapkan kedatangannya ke Tebuireng untuk berziarah ke makam Gus Dur dan keluarga besarnya.

“Ke sini ya ziarah thok mas, ziarah ke makam siapa saja. Kebetulan ini satu rangkaian ke Blitar ke Jombang, sebenarnya keinginan kesini sudah dari lama, namun waktunya belum cocok. Jadi, hari ini baru bisa kesini,” ungkap Ganjar.

Ganjar menilai, Gus Dur merupakan sosok pembaharu yang telah memberikan ruang Demokrasi di Negara ini.

“Saya sebagai anak muda itu senang, karena Gus Dur memberikan ruang demokrasi dan semua ditanggapi dengan enteng, padahal itu serius sekali makna didalamnya,” unjar Ganjar.

Ganjar juga menyebutkan, sosok Hasyim Asy’ari merupakan sosok yang sangat berjasa dalam berdirinya NU di Indonesia.

“Organisasi yang sangat besar sebelum republik lahir, dan bagaimana berkontribusi pada bangsa dan negara melalui pondok pesantren itu kan sangat luar biasa,” tutup Ganjar.

0 Response to "GANJAR PRANOWO ZIARAH KE MAKAM GUSDUR YANG TERLETAK DI TEBUIRENG JOMBANG"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel