CARA GANJAR BERI LAYANAN MAKSIMAL UNTUK MASYARAKAT



Bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo komitmen untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat sangatlah penting.


Menurut Ganjar, pelayanan pada rakyat harus cepat, mudah dan murah. Oleh karena itu, Ganjar menuntut birokrasi di Pemprov Jateng memanfaatkan teknologi, baik melalui kanal media sosial dan aplikasi layanan.


Ganjar mewajibkan setiap OPD nya memiliki akun medsos terverifikasi. Tujuannya, untuk menampung keluhan warga dan menindaklanjutinya.


Hal ini tak luput dari pantauan Ganjar yang memang aktif bermedia sosial, sebagai kanal komunikasi dan pelaporan.  


Dengan cara itu, masyarakat bisa mengadukan tentang layanan publik, tanpa birokrasi berbelit.

Ketika menerima aduan, Ganjar mewajibkan dinas terkait merespon dan memperbaiki layanan maksimal 1x24 jam. 

Inovasi layanan terus digencarkan oleh Pemprov Jateng. Keseriusan ditunjukan dengan membentuk Perda no 3 tahun 2019, tentang penyelenggaraan inovasi daerah.


Setiap tahun, ratusan aplikasi layanan mengikuti ajang kompetisi inovasi tingkat provinsi.Dari jumlah itu, kemudian diikutkan dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan KemenPAN-RB.


Adapula aplikasi layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor "Sakpole". Di bidang investasi ada layanan perizinan melalui OSS. 

Selain itu, Ganjar juga membentuk Government Resources Management System (GRMS). GRMS merupakan sistem aplikasi terintegrasi, di antaranya e-budgeting,  e-project planning, e-HSB, e-penatausahaan, e-delivery, e-controlling dan e-monev. 

Dengan sistem ini diharapkan monitoring dan evaluasi kinerja birokrasi dapat dilakukan secara real time.

0 Response to "CARA GANJAR BERI LAYANAN MAKSIMAL UNTUK MASYARAKAT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel