GANJAR SERU-SERUAN BERSAMA RATUSAN SISWA DI MAGELANG, BAHAS MODERASI AGAMA



Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo bertemu dan bergembira atau gayeng bersama ratusan siswa SMA PL Van Lith, Muntilan, Magelang, Rabu (16/11/2022).

Ganjar menghadiri acara dialog keagamaan dan kebangsaan dengan tema “Beragama dalam Nalar Publik”. Ganjar mengapresiasi semangat sekitar 600 siswa SMA PL Van Lith yang menghadiri kegiatan tersebut dalam memahami isu moderasi beragama sejak dini. Menurutnya kegelisahan mereka ini bisa jadi modal sosial untuk menjaga persatuan.

“Satu, adalah mereka punya kepekaan pada situasi dan kondisi. Kedua, mereka pengin berbuat. Maka dibuatlah seminar ini,” kata Ganjar.

Dalam acara yang turut mengundang tokoh-tokoh agama termasuk kiai, Ganjar sempat berinteraksi dengan Bela dan Jeva, dua siswa sekolah yang berdiri sejak tahun 1904 itu. Bela dan Jeva mempunyai kegelisahan terkait toleransi beragama.

“Pak, toleransi kan penting tetapi kenyataannya di Indonesia belum merata. Apakah karena pola pikir atau gimana? Belum lagi ada kasus intoleransi yang muncul akibat sikap salah satu pejabat pemerintahan. Itu bagaimana, Pak?,” tanya Bela.

Sementara Jeva bertanya tentang kemedekaan beragama di Indonesia yang telah diatur dalam UUD 1945, tetapi pelaksanaannya seringkali tak diterapkan. Seperti kasus penolakan pembangunan rumah ibadat.

“Saya sampaikan kepada mereka satu mesti membawa nilai-nilai persamaan, persaudaraan, gotongroyong, paseduluran ini penting,” kata Ganjar.

Dengan nilai-nilai itu, kata Ganjar, isu dan persoalan yang muncul terkait keagamaan bisa diselesaikan melalui dialog.

“Inilah yang penting untuk dikomunikasikan diceritakan terus menerus, dan anak-anak mulai dari SMA ada kepedulian mereka mau belajar dan praktik. Mudah-mudahan sih anak-anak belajar dengan sangat bagus,” tegas Ganjar.

0 Response to "GANJAR SERU-SERUAN BERSAMA RATUSAN SISWA DI MAGELANG, BAHAS MODERASI AGAMA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel