Ganjar Menyatakan WNI Yang di Sudan Berhasil Dievakuasi

 



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, warga Jawa Tengah pernah terjebak konflik berkepanjangan di Sudan sudah berhasil dievakuasi dan dipulangkan. Saat ini sebagian dari warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi kini berkumpul di fasilitas pemerintah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur.

Total WNI yang sudah dievakuasi dari Port Sudan menuju Jeddah berjumlah 930 orang. Dari jumlah itu, 823 WNI telah dipulangkan ke tanah air melalui tiga tahap kepulangan dari Jeddah menuju Jakarta menumpang pesawat komersial dan pesawat Boeing 737 A-7305 TNI AU. Dari 823 WNI tersebut, 22 di antaranya adalah para pelajar asal Jawa Tengah yang sedang menuntut ilmu di Sudan.

"Beberapa yang dari Sudan kemarin ada ratusan jumlahnya, sekarang mereka diterima ditampung di fasilitas kita di Taman Mini," ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar usai pimpin upacara Hardiknas di Halaman Kantor Gubernur, Kota Semarang, Selasa, 2 Mei 2023


Semenjak konflik Sudan yang berdampak kepada para WNI, Ganjar mengatakan pihaknya akan intens mengawal isu tersebut. Ganjar juga sudah melakukan upaya perbantuan dengan terus-menerus berkoordinasi dengan sejumlah pihak, seperti Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI dan dinas Jawa Tengah yang berada di Jakarta.

Ganjar memastikan warga Jawa Tengah yang terkena konflik Sudan, kembali ke tanah air dan ke keluarga dengan selamat.

"Kita juga komunikasi dengan Kemenlu agar mereka pelajar mahasiswa yang kemarin sekolah di Sudan, bisa kembali dengan aman karena sudah difasilitasi," jelas Ganjar.

0 Response to "Ganjar Menyatakan WNI Yang di Sudan Berhasil Dievakuasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel