Ganjar Pranowo Berhasil Menangkan Hati Wong Cilik dengan Presentase 34,8 Persen



Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mengungkapkan karater pemilih dari masing-masing bakal calon presiden Ganjar Pranowo yang akan bertarung pada Pemilhan Presiden (Pilpres) 2024. Hal tersebut terungkap berdasarkan hasil survei nasional terbaru yang mereka lakukan pada 3-14 Mei 2023.

Peneliti LSI, Adjie Alfaraby, dalam pemaparannya menjelaskan Ganjar berhasil unggul tipis pada kategori masyarakat kelas bawah atau wong cilik. Kategori ini, menurut Adjie, merupakan masyarakat dengan penghasilan Rp 2 juta ke bawah.

Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan ini meraih 34,8 persen suara. Ganjar unggul dari pesaingnya. Sementara itu di masyarakat kelas menengah dengan penghasilan Rp 2-4 juta per bulan, Ganjar 31,4 persen. Lalu di kelas masyarakat mapan dengan penghasilan di atas Rp 4 juta Ganjar 29,4 persen.

“Ganjar unggul ketat dari Prabowo di kelas wong cilik. Kelas menengah Prabowo unggul. Di ekonomi mapan Prabowo dan Anies bersaing,” ujar Adjie saat pemaparan di Kantor LSI Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat, 19 Mei 2023.

Survei ini digelar LSI dengan melakukan wawancara terhadap 1.200 orang responden. Pemilihan responden dilakukan dengan metode acak bertingkat. Margin of error dari survei ini diklaim mencapai 2,9 persen.

Berdasarkan strata pendidikan, Adjie menyebut masyarakat terdidik yang merupakan lulusan D3 dan di atasnya. Ganjar mengantongi 27,2 persen suara. Untuk masyarakat kelas pendidikan rendah atau lulusan SD ke bawah, elektabilitas Ganjar 28 persen.

Lalu untuk kategori pendidikan menengah yang merupakan lulusan SMP dan SMA, mayoritas memilih Ganjar Pranowo. Ganjar Pranowo merupakan Bacapres yang diusung oleh PDI Perjuangan. Selain itu, dia juga mendapatkan dukungan dari Partai Persatuan Pembangunan.

0 Response to "Ganjar Pranowo Berhasil Menangkan Hati Wong Cilik dengan Presentase 34,8 Persen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel