GANJAR PRANOWO BERIKAN BANTUAN GAMELAN KE 110 DESA DI JAWA TENGAH



Kamis (3/3), Penari Jatilan alias Jaran Kepang sangat lincah dan serasi bermain alat musik tradisional Jawa Tengah, Gamelan di pendapa wisata Bumi Makukuhan Desa Wonosari, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Komunitas tersebut adalah pelaku seni yang masih sangat setia untuk menjaga dan melestarikan budaya gamelan Jawa.

Kegiatan memainkan gamelan ini masih rutin dilaksanakan setiap minggunya.

“Bersatu padu bersama Ganjar Pranowo. Gotong Royong Mbangun Seni Budaya. Tak akan menyerah hadapi marabahaya…,” bunyi syair yang menjadi pembuka latihan kali ini.

Lagu yang diciptakan tersebut, adalah wujud rasa terima kasih yang ditunjukkan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang telah memberikan bantuan paket gamelan untuk desa setempat.

“Di desa ini ada tiga kelompok kesenian. Tapi selama ini untuk beli alat gamelan tidak mampu. Alhamdulillah ini dapat bantuan dari Pak Ganjar,” ujar Mardiyono.

Berkat bantuan gamelan tersebut, para seniman pun menjadi lebih bersemangat berlatih dan bermain, nguri-nguri seni dan budaya tradisional. Dikatakan Mardiyono, ada beragam kesenian yang dikembangkan di desanya. Mulai dari wayang kulit, jatilan, topeng ireng, dan lainnya.

Mereka yang aktif berkesenian bukan hanya dari kalangan tua. Namun kini banyak anak muda yang juga tertarik dan ikut berlatih.

“Sekarang ini bukan hanya kalangan tua saja yang main, anak-anak SD juga ada yang ikut kita ajak bermain,” tutur Mardiyono.

Diakui Mardiyono, berkembangnya beragam kesenian di desanya memang tak luput dari dukungan Gubernur Ganjar. Maka sebagai ungkapan terima kasih, diciptakanlah tembang untuk Ganjar Pranowo, yang dilantunkan pada pembuka latihan hari ini.

“Itu sebagai ungkapan terima kasih, karena Pak Ganjar perhatian kepada kesenian tradisional,” ucap Mardiyono.

0 Response to "GANJAR PRANOWO BERIKAN BANTUAN GAMELAN KE 110 DESA DI JAWA TENGAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel