PERTEMUAN GANJAR DENGAN PARA OJOL, SIAP BANTU



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bertemu dengan Perwakilan driver ojek online. Mereka yang bertemu dengan Ganjar mewakili sejumlah penyedia layanan ojol Seperti Gojek, Grab, Shoope dan Maxim.


Ganjar mengatakan sudah lama mengikuti persoalan yang dihadapi para driver ojol di wilayah Jawa Tengah tersebut.


Termasuk juga mencermati masukan dari Dishub. Ia menyampaikan tidak bisa tergesa- gesa untuk mengambil sebuah kebijakan, mengingat bentuk hubungan kerjasama kemitraan ojol yang berlaku sangat berbeda.


“Memang tidak mudah, karena ini merupakan bentuk baru dalam sebuah pekerjaan dan hubungannya adalah mitra dengan aplikator bukan perusahaan dengan karyawan,” ujar Ganjar.


Karena bukan karyawan, maka tidak ada hak dan kewajiban antara keduanya. Sehingga aplikator bisa saja mengambil keputusan sesuai dengan apa yang mereka inginkan.


Namun yang perlu mendapatkan perhatian adalah, di level bawah (para driver ojol) muncul berbagai masalah.


“Panjenengan merasa dirugikan karena pembagian keuntungan tidak seimbang, maka yang seperti ini perlu dibicarakan lagi,” jelas Ganjar.


Saat bertemu dengan Ganjar, mereka para ojol mengadukan sejumlah persoalan yang dihadapi para driver ojol masing-masing aplikator. Seperti mengenai kebijakan penyesuaian tarif, kejelasan status serta tidak adanya payung hukum yang jelas.


“Dalam praktiknya, kami (para driver ojol) ini diperlakukan super eksploitatif dalam hubungan kemitraan,” ungkap Dedy.


Pada pertemuan tersebut, para driver ojol sangat mengharapkan ada solusi terkait dengan hubungan kemitraan yang dimaksud. Artinya perlu dipertegas lagi sistem kemitraan yang dimaksud agar ada prinsip keadilan.


Belum jelas dengan permasalahan tarif, lanjut Dedy, aplikator dengan seenaknya juga merekrut driver baru. Sehingga apa yang telah dilakukan oleh aplikator selama ini seolah- olah tidak bisa dikontrol.

0 Response to "PERTEMUAN GANJAR DENGAN PARA OJOL, SIAP BANTU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel