GANJAR BEGITU TAKJUB, KALIGRAFI JEPARA TERUKIR DI MASJID BIRU RUSIA



Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo merasa sangat takjub karena ukiran Kaligrafi Jepara berada di Masjid Biru Rusia yang berada di Kota Saint Petersburg.

Ganjar menyampaikan rasa kagumnya tersebut melalui media sosial Instagram pribadinya yang diunggah pada reels.

Ganjar menceritakan pengalamannya saat melihat kaligrafi tersebut secara langsung saat sedang melakukan dinas ke Rusia.

“Di Rusia ada Masjid Biru, dulu itu pernah jadi gudang lalu Bung karno datang menitipkan pesan ‘kalau kamu sahabatku, maka aktifkan lagi masjid itu’ dan akhirnya diaktifkan kembali,” kata Ganjar.

Ganjar melihat Kaligrafi Jepara tersebut saat dirinya sedang melaksanakan Sholat.

“Lantas saya bertanya pada takmir Masjid Biru ‘siapa yang kasih?’ dan dijawablah yang membawa Megawati Soekarnoputri dari Jawa,” jelas Ganjar.

Menurut penuturannya, alasan Megawati memberi ukiran Kaligrafi Jepara pada Masjid Biru adalah sebagai bentuk wujud hubungan baik antara Indonesia dan Rusia.

“Negara kita ini kaya dan hebat. Meski cerita itu terkesan sederhana, tapi diplomasi ukir itu bisa sampai dunia, ciri khas dari ukiran Jepara itu sendiri,” tutur Ganjar.

“Bapak dan ibu sekalian, talenta yang dimiliki warga Indonesia ini jangan sampai hilang, tapi dijaga kelestariannya,” kata Ganjar.

Sebagai informasi, pembuatan ukiran kaligrafi ini tidak serta merta langsung jadi. Hal yang membuat ukiran Kaligrafi Jepara terkenal hingga dunia karena ciri khas dari ukiran tangan pengrajin.

Proses pembuatan ukiran ini pun melalui beberapa tahap, dimulai dari pemilihan kayu mahoni, pemahatan, pengukiran, hingga proses pemberian warna pada ukiran kaligrafi.

Keahlian tangan yang belum tentu dimili orang luar disana pun membuat ukiran yang indah. Maka jangan heran jika ukiran kaligrafi ini bisa terkenal hingga mancanegara.

0 Response to "GANJAR BEGITU TAKJUB, KALIGRAFI JEPARA TERUKIR DI MASJID BIRU RUSIA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel