GANJAR PROMOSIKAN KULINER MENARIK DARI KARIMUNJAWA



Gubernur Jawa tengah, Ganjar Pranowo mengenalkan kepada masyarakat akan keunikan kuliner khas dari Kepulauan Karimunjawa.

Kuliner tersebut memiliki nama “pong blosok” yang berasal dari Pulau Parang.

Melalui channel Youtube Ganjar Pranowo, kuliber tersebut hanya dapat ditemui saat mengunjungi karimunjawa. Pong Blosok adalah singkong yang dibusukan.

Cita rasa pong blosok semakin terasa, saat kelapa yang gurih ditaburkan diatas hidangan. Proses pembuatan pong blosok cukup panjang.

Pong blosok dibuat dengan merendam singkong sampai busuk. Kemudian singkong busuk itu disaring dan diambil patinya.

Baru lah kemudian direndam kembali dan diberi air sampai bau busuknya hilang. Kemudian pati singkong dikepal dan baru dijemur.

“Saya nggak tahu apakah di dalam singkong ini masih ada gizinya atau tidak, soalnya cuma diperas-peras saja,” kata Ganjar dalam akun YouTube pribadinya.

Meskipun makanan ini terlihat aneh dan tidak menarik dari segi nama. Ganjar bersama istrinya sangat menikmati panganan lokal ini.

Menurut Ganjar pong blosok ternyata memiliki cita rasa yang enak. Ganjar bahkan terkejud saat mengetahui kuliner sederhana ini menjadi kuliner paling dicari di Jawa Tengah.

Pong blosok ini juga menjadi makanan sehari-hari masyarakat Kabupaten Jepara. Bedanya, masyarakat Jepara menyantap Pong Blosok ini sebagai pengganti nasi atau beras, dan disantap dengan aneka lauk. Sebab, pong blosok merupakan olahan umbi-umbian yang difermentasi, makanan ini kayak akan zat karbohidrat.

0 Response to "GANJAR PROMOSIKAN KULINER MENARIK DARI KARIMUNJAWA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel